Home » » RUANG LINGKUP JIHAD

RUANG LINGKUP JIHAD

RUANG LINGKUP JIHAD

PEMUDA PERSATUAN ISLAM (Pemuda Persis)


Pemuda Persatuan Islam (Pemuda Persis) dalam menjalankan misi da’wahnya, memiliki rumusan dalam bentuk ruang lingkup jihad yang tertera dalam :
Pasal 7, tentang Ruang Lingkup Jihad :
  1. Menggali potensi kader yang tersebar di lembaga pendidikan Persis dan basis-basis calon kader lainnya.
  2. Membina kader untuk menjadi hamba Allah yang mengamalkan syari’ah Islam dan menjadi uswatun hasanah bag keluarga dan masyarakat.
  3. Membina kader untuk menjadi mujahid[1], mujtahid[2], mujaddid[3], ashabun[4] dan hawariyyun[5] Islam.
  4. Memberdayakan kader dalam berbagai bidang sesuai dengan potensi dan kemampuan masing-masng untuk memajukan da’wah Islam.
  5. Mengembangkan potensi kader dalam bidang keilmuan, kepemimpinan, kewirausahaan dan bidang lain yang relevan.
( Sumber : Buku Qaidah Asasi dan Qaidah Dakhili / QA-QD Pemuda Persis, hal.3-4 )

Keterangan :_________________________________________________________________
[1] Mujahid adalah orang yang mengikhlaskan diri untuk memahami / mempelajari, mengamalkan dan menda’wahkan Islam dengan istiqomah dan siap menjadi penolong sekaligus pembela dalam mempertahankan agamanya.
[2] Mujtahid yang dimaksud dalam konteks ini adalah orang yang selalu mencurahkan pikiran-pikirannya sekemampuannya untuk mencari pemecahan  terhadap berbagai masalah yang dihadapinya dengan tetap berpegang pada al-Qur’an dan Sunnah sebaga landasan pokoknya disertai dengan kemampuan ilmiah yang dimilikinya.
[3]  Mujaddid adalah pembaharu yang maknanya seperti dijelaskan pada tafsir Pasal 3 ayat 2.
[4] Ashabun adalah Sahabat yang menyertai dan mengikuti seseorang dalam suka dan duka.
[5] Hawariyyun adalah orang yang mengikhlaskan diri untuk melakukan pembelaan dan memberikan pertolongan tanpa diminta serta siap kapan dan di mana pun juga. Jadi yang dimaksud mednjadi Ashabun dan hawariyyun Islam berarti harus memiliki keterikatan tinggi terhadap syari’at Islam serta senantiasa membelanya dari segala bentuk gangguan dan penyimpangan terhadapnya.

Written by : Your Name - Describe about you

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam id libero non erat fermentum varius eget at elit. Suspendisse vel mattis diam. Ut sed dui in lectus hendrerit interdum nec ac neque. Praesent a metus eget augue lacinia accumsan ullamcorper sit amet tellus.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 komentar:

Posting Komentar